Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Tutorial Mengatasinya

Vivotutorial.com - Smartphone saat ini sudah menjadi bagian hidup yang penting untuk kebanyakan orang karena dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Untuk memenuhi kebutuhan para pengguna, perusahaan-perusahaan smartphone terus melakukan inovasi dan mengembangkan kinerja smartphone yang diproduksinya. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh perusahaan Vivo.

Baca Juga :






Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Tutorial Mengatasinya


Vivo menjadi salah satu smartphone yang banyak diminati karena kinerjanya yang mumpuni. Selain itu, Vivo juga dilengkapi dengan perangkat yang canggih. Dengan begitu, smartphone ini dapat bersaing di tengah gempuran bisnis smartphone yang semakin ketat.

Kecanggihan perangkat yang ada di dalam smartphone Vivo memang dapat meningkatkan kinerjanya. Tetapi terkadang, kecanggihan tersebut dapat membuat smartphone cepat panas. Hal ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Penyebab Smartphone Cepat Panas

Tidak jarang, smartphone Vivo yang Anda gunakan cepat mengalami panas (overheat). Jika dibiarkan, kondisi ini akan membuat smartphone kesayangan hang, bahkan meledak. Ada beberapa hal yang dapat membuat smartphone cepat panas, di antaranya:


1. Adanya Malware Dan Virus

Malware dan virus dapat membuat smartphone cepat panas karena akan terus bekerja di belakang sistem.


2. Pengaturannya Belum Optimal

Menggunakan live wallpaper, mode getar, tingkat kecerahan yang tinggi, dan widget yang banyak dapat membuat smartphone Vivo cepat panas. Karena itu, aturlah smartphone Anda seoptimal mungkin.







3. Menggunakan Smartphone Saat Di-Charge

Penyebab yang satu ini sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Menggunakan smartphone yang sedang di-charge akan membuat CPU dan baterai bekerja lebih keras sehingga mengeluarkan panas berlebih.


4. Overcharging

Selain menggunakan smartphone saat di-charge, overcharging juga menjadi hal yang sering dilakukan. Pengguna sering lupa melepaskan charger saat baterai smartphone sudah terisi penuh, apalagi saat men-charge malam hari saat ingin tidur.


5. Sinar Matahari

Ternyata, sinar matahari juga dapat menyebabkan smartphone cepat panas sehingga melemahkan baterai. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat layar sentuh tidak dapat berfungsi dengan baik.


6. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Dijalankan Secara Bersamaan

Anda mungkin sering membuka dan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini akan membuat kinerja smartphone berlebih dan menjadi cepat panas.


7. Terlalu Lama Bermain Game Dan Streaming
Terlalu lama bermain game dan streaming akan membuat smartphone Anda cepat panas karena bekerja secara berlebih.

Tutorial Mengatasi Smartphone Agar Tidak Cepat Panas

Smartphone yang cepat panas tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat menggunakannya, bahkan dapat membahayakan. Untuk mengatasi smartphone cepat panas, Anda dapat mengikuti tutorial berikut ini.
1. Gunakan charger smartphone yang original.
2. Hapus cache aplikasi dengan cara:

  • Masuk ke dalam menu “pengaturan”.
  • Pilih “pengaturan lainnya”, “aplikasi”, “terpasang”, nama aplikasi, penyimpanan, kemudian “bersihkan cache”.

3. Install aplikasi antivirus untuk mengatasi malware dan virus.
4. Install aplikasi cooler untuk menjaga suhu smartphone Vivo Anda.
5. Letakkan smartphone di tempat yang aman dan sejuk. Jangan letakan smartphone di tempat yang terkena sinar matahari atau di dalam kantong celana.
6. Matikan aplikasi Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi jika tidak digunakan.
7. Tidak membuka dan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.
8. Tidak men-charge smartphone saat malam hari, terutama saat ingin tidur, untuk menghindari overcharging.
9. Tidak menggunakan smartphone saat sedang di-charge sehingga CPU dan baterai tidak akan bekerja secara berlebih.
10. Tidak terlalu lama bermain game dan streaming.

Baca Juga :







Itulah penyebab smartphone vivo cepat panas dan tutorial mengatasinya. Agar smartphone Vivo kesayangan Anda tetap awet, gunakanlah secara bijak dan ikuti tutorial di atas.