MicroSD Card Tidak Terbaca Di Smartphone Vivo, Apa Yang Harus Dilakukan?

Vivotutorial.com - Untuk smartphone Vivo keluaran terbaru, sudah dilengkapi dengan slot microSD card yang bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan SD Card. Meskipun bentuknya lebih kecil, kapasitas penyimpanan microSD card cukup besar, bergantung pada kebutuhan Anda.

Baca Juga :






MicroSD Card Tidak Terbaca Di Smartphone Vivo, Apa Yang Harus Dilakukan?


MicroSD card adalah memory card yang isinya tidak mudah hilang (non-volatile) hasil pengembangan SD card sehingga menjadi lebih simpel dan lebih praktis sebagai tempat penyimpanan data-data penting di dalam peralatan elektronik, termasuk smartphone Vivo. MicroSD card ini digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan pada smartphone selain penyimpanan internal. Data-data penting yang tersimpan di dalamnya, dapat Anda baca, baik dari smartphone langsung maupun PC.

Meskipun demikian, tidak jarang microSD card tidak terbaca. Hal seperti ini pasti membuat Anda cemas dan mencari berbagai cara agar memory card berukuran kecil tersebut dapat terbaca kembali.

Penyebab MicroSD Card Tidak Terbaca

MicroSD card yang Anda gunakan pada smartphone Vivo kesayangan dapat tidak terbaca atau error kapan saja. Ada beberapa yang menyebabkan microSD card tidak terbaca, di antaranya:
  1. Adanya virus di dalam microSD card, baik saat mengakses data dari PC maupun men-download file.
  2. Garis-garis berwarna emas pada microSD card berdebu atau kotor, seperti sering tersentuh.
  3. Menggunakan microSD card yang memiliki kualitas rendah sehingga kecepatan proses membaca dan menyimpan datanya sangat lambat.
  4. Terlalu sering melepasnya dari slot microSD card sehingga peluang mengalami kerusakan sangat besar. Jika ingin memindahkan data ke PC, lebih baik Anda menggunakan kabel data.






Cara Membuat MicroSD Card Terbaca Kembali

MicroSD card yang tidak terbaca atau error pada smartphone Vivo dapat membuat Anda cemas. Seluruh data penting, termasuk foto-foto dan video-video yang diabadikan saat momen-momen tertentu, tidak dapat terbaca. Jika microSD card tidak terbaca, cobalah cara berikut ini.
  1. Lepaskan microSD card, kemudian bersihkan konektornya dengan penghapus karet.
  2. Gosokkan penghapus hingga konektor bersih.
  3. Pasang kembali microSD card.
  4. Jika masih tidak terbaca, pasang microSD card pada PC. 
Jika terbaca, salin semua data penting, kemudian format. Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk memformat microSD card, yaitu:

a. Menggunakan PC
  • Gunakan card reader untuk menghubungkan microSD card ke PC.
  • Tekan gambar windows dan huruf E secara bersamaan untuk membuka file explorer.
  • Cari menu microSD card, klik kanan pada mouse, kemudian pilih menu format.
  • Pilih menu file system, kemudian klik start untuk memulai format.
  • Jika sudah selesai, klik OK.

b. Menggunakan smartphone Vivo itu sendiri
  • Masuk ke dalam menu settings.
  • Pilih storage.
  • Pilih nama microSD card.
  • Pilih storage settings.
  • Pilih format, kemudian erase & format.

Untuk cara yang satu ini, antara tipe yang satu dengan tipe yang lainnya mungkin saja berbeda. Tetapi secara garis besar, cara memformat microSD card dengan smartphone Vivo itu sendiri adalah seperti di atas.

5. Jika setelah diformat masih belum terbaca, pastikan slot microSD card smartphone Vivo Anda tidak bermasalah dengan menggunakan microSD card lain.

6. Jika masih belum terbaca juga, lebih baik bawa smartphone Anda ke service center.

Baca Juga :







Itulah penyebab dan cara yang dapat Anda lakukan saat microSD card tidak terbaca. MicroSD card dapat tidak terbaca kapan saja dan pasti membuat Anda sangat cemas sehingga mencari berbagai cara agar dapat terbaca kembali. Bahkan, Anda tidak ragu untuk langsung membeli microSD card baru.

Sebelum membeli microSD card yang baru, Anda dapat mencoba cara di atas agar tidak kehilangan data-data penting di dlam smartphone Vivo kesayangan. Selamat mencoba!