Merawat Baterai Tanam Pada Smartphone Vivo Agar Tetap Awet

Vivotutorial.com - Sebagai sumber listrik, baterai memegang peranan sangat penting untuk menyalakan ponsel. Baterai pada ponsel terbagi menjadi dua, yaitu baterai yang dapat dilepaskan (removeable battery) dan baterai tanam (non-removeable battery). Removeable battery digunakan pada ponsel keluaran lama, sedangkan non-removeable battery digunakan pada semua ponsel pintar (smartphone) keluaran baru.

Baca Juga :






Merawat Baterai Tanam Pada Smartphone Vivo Agar Tetap Awet


Salah satu merek smartphone yang menggunakan baterai tanam adalah Vivo. Semua smartphone pabrikan Cina keluaran baru ini menggunakan baterai tanam dengan jenis dan kapasitas yang berbeda-beda.

Kelebihan Baterai Tanam

Semua smartphone Vivo keluaran baru menggunakan baterai tanam. Dibandingkan dengan baterai yang dapat dilepaskan, baterai tanam memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:
  1. Smartphone tidak mudah patah dan lebih kukuh.
  2. Lebih tahan terhadap overcharge.
  3. Lebih mudah mengganti SDcard atau SIM card.
  4. Lebih aman sehingga baterai tidak mudah dicabut dan smartphone tidak mudah dimatikan jika dicuri.
  5. Dapat membuat body smartphone lebih langsing.
  6. Baterai memiliki daya yang lebih besar sehingga lebih tahan lama.
  7. Baterai akan lebih awet dan lebih stabil.
  8. Kebersihan smartphone bagian dalam akan lebih terjaga.






Kekurangan Baterai Tanam

Selain kelebihan, baterai tanam pada smartphone Vivo juga memiliki kekurangan, di antaranya:

  1. Jika smartphone mengalami hang, sulit diatasi.
  2. Smartphone lebih rawan mengalami korslet.
  3. Sulit mendapatkan baterai pengganti.
  4. Sulit mencari baterai double power-nya.
  5. Sulit jika ingin mengganti baterai.

Cara Merawat Baterai Tanam

Salah satu alasan smartphone Vivo menggunakan baterai tanam adalah ingin memberikan rasa nyaman pada para penggunanya. Meskipun demikian, Anda tetap harus merawat baterai tanam yang ada di dalam smartphone Vivo agar awet dengan cara-cara berikut ini.

  1. Gunakan Aplikasi Tambahan Untuk Menjaga Kondisi Baterai. Untuk merawat baterai tanam pada smartphone Vivo kesayangan, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan dari google Play Store yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Harus Menggunakan Charger Yang Asli. Untuk merawat baterai tanam smartphone Vivo kesayangan, Anda haru menggunakan charger yang asli. Hal ini dikarenakan charger asli sudah diuji dan spesifikasinya sudah sesuai dengan smartphone Vivo Anda.
  3. Matikan Smartphone Setiap Beberapa Hari. Ternyata, mematikan smartphone setiap beberapa hari menjadi salah satu cara merawat baterai tanam smartphone Vivo kesayangan. Saat mematikannya, baterai dan smartphone Anda akan mengalami refresh.
  4. Segera Mengisi Jika Persentase Baterai Tanam Di Bawah 20%. Jika melihat persentase baterai sudah mencapai minimal 20%, Anda harus segera menge-charge-nya. Hal ini dilakukan untuk menghindari baterai bekerja lebih keras.
  5. Selalu Mengecek Suhu Baterai Tanam Smartphone. Meskipun sedang asyik menggunakan smartphone Vivo kesayangan, Anda harus tetap mengecek suhu baterainya. Jika terus digunakan dalam kondisi yang sudah panas, dikhawatirkan baterai tanam akan meledak.
  6. Tidak Mengisi Di Dalam Mobil. Biasanya untuk menge-charge baterai smartphone di dalam mobil, Anda membutuhkan bantuan aki. Ternyata, hal ini dapat merusak baterai tanam karena terjadi lonjakan listrik dan proses pengisian tidak stabil.
  7. Tidak Mengisi Hingga Overcharge. Menge-charge smartphone Vivo hingga overcharge dapat merusak baterai tanam. Hal ini dikarenakan penyimpanan daya akan menyimpan daya secara berlebihan sehingga sel-sel yang ada di dalamnya menjadi aus.
  8. Tidak Menggunakan Baterai Hingga Benar-Benar Habis. Tidak menggunakan baterai hingga benar-benar habis dapat membuat baterai tanam lebih awet. Jika Anda sering menggunakan baterai smartphone Vivo hingga habis, dikhawatirkan kemampuan baterai untuk menyimpan daya akan menurun.
  9. Tidak Menggunakan Smartphone Saat Sedang Di-Charge. Salah satu hal yang paling sering dilakukan adalah menggunakan smartphone saat sedang di-charge. Padahal, hal tersebut dapat merusak baterai. Jika Anda masih saja menggunakannya saat sedang di-charge, smartphone akan lebih cepat panas dan dapat merusak perangkat lainnya.
Baca Juga :







Itulah beberapa cara merawat baterai tanam pada smartphone Vivo kesayangan Anda. Selamat mencoba!