Seperti Ini Cara Mengecek IMEI Ponsel Vivo

Vivotutorial.com - Saat ini, ponsel BM banyak beredar di pasaran yang mengakibatkan kerugian pada perusahaan yang memproduksi ponsel, bahkan negara. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah Indonesia mulai memberlakukan DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System). Nantinya, sistem ini akan menguji kebenaran atau mengesahkan IMEI yang ada di setiap ponsel, termasuk ponsel Vivo.

Baca Juga :






Seperti Ini Cara Mengecek IMEI Ponsel Vivo


Meskipun pengguna ponsel Vivo terus bertambah, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui tentang IMEI. Padahal, IMEI ini sangat penting untuk diketahui. Jika diibaratkan, IMEI sama seperti KTP yang harus dimiliki oleh setiap ponsel.

Kenali Apa Itu IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah identitas khusus berupa nomor yang diterbitkan oleh asosiasi GSM untuk setiap slot kartu GSM. Nomor ini sangatlah unik dan berbeda-beda sehingga tidak akan sama antara IMEI yang satu dengan IMEI yang lainnya. IMEI terdiri atas 15-16 digit angka yang salah satu nomornya adalah informasi tentang tipe ponsel.

Nomor ini sanglah penting untuk Anda ketahui karena memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:

  1. Untuk mengecek masa garansi ponsel sehingga Anda akan mengetahui kondisi ponsel masih baru atau tidak.
  2. Untuk melacak jika ponsel Vivo Anda hilang dengan cara menghubungi provider SIM card yang digunakan.
  3. Untuk mengetahui identitas ponsel Vivo Anda.







Cara Mengecek IMEI Ponsel Vivo

IMEI menjadi hal yang sangat penting untuk Anda ketahui sehingga harus dicek kebenarannya. Jika IMEI tidak terdaftar, ponsel Vivo Anda tidak akan dapat digunakan, baik untuk berselancar di dunia maya maupun berkomunikasi, kecuali dengan memanfaatkan Wi-Fi.

Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk mengetahui IMEI ponsel Vivo Anda sudah terdaftar atau belum, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Mengecek IMEI Dengan Menggunakan Ponsel Itu Sendiri

  • Tekan *#06# dan informasi tentang IMEI akan terlihat di layar ponsel Vivo Anda.
  • Lanjutkan pengecekan dengan masuk ke dalam menu Setelan > Setelan Lainnya > Tentang Ponsel. Nanti, Anda akan melihat beberapa informasi tentang ponsel Vivo yang digunakan, seperti model ponsel, IMEI, dan versi android.
  • Untuk memastikan ponsel Vivo Anda terdaftar atau tidak, sesuaikan nomor IMEI yang didapat dari hasil menekan *#06# dengan nomor IMEI yang ada di bagian belakang boks ponsel.
  • Jika nomor IMEI tersebut sama, kemungkinan ponsel Vivo Anda asli.
  • Meskipun demikian, cara mengecek seperti ini tidak menjamin ponsel Vivo Anda resmi dan sudah terdaftar 100%. Untuk itu, silakan lakukan pengecekan ulang dengan mengunjungi website resmi Vivo.


2. Mengecek IMEI Dengan Mengunjungi Website Kemenperin

  • Kunjungi website Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/.
  • Masukkan nomor IMEI ponsel Vivo Anda di kolom yang tersedia.
  • Jika sudah terdaftar, mesin pencari akan memberikan keterangan tentang ponsel Vivo yang Anda gunakan berupa IMEI, nama perusahaan yang memproduksi ponsel, merek ponsel, dan tipe atau model ponsel.


3. Mengecek IMEI Dengan Mengunjungi Website Vivo

  • Kunjungi website Vivo di https://www.vivo.com/id/support/IMEI.
  • Masukkan nomor IMEI ponsel Vivo Anda di kolom yang tersedia.
  • Masukkan kode verifikasi, kemudian tekan tombol kirim.
  • Mesin pencari akan memberikan beberapa informasi, seperti masa garansi, model ponsel, dan warna ponsel.
  • Jika hasil tersebut sesuai dengan ponsel Vivo yang Anda gunakan, dapat dipastikan ponsel tersebut resmi.
Baca Juga :






Itulah beberapa cara mengecek IMEI ponsel Vivo Anda agar tetap dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya dan berkomunikasi. Selamat mencoba!