Cara Instal Custom ROM di VIVO V15

Vivotutorial.com - Di artikel kali, kami akan menjelaskan tentang cara memasang custom rom di Vivo V15. Panduan tutorial kali ini tidak memiliki resiko (no risk) atau pun yang berdampak pada rusaknya sistem Vivo V15 anda. Tutorial kali ini dapat menjadi tutorial termudah yang bisa anda gunakan untuk menginstal Custom ROM pada Vivo V15, kami akan mencoba menggunakan TWRP Recovery karena sangat cocok dan sangat mudah untuk mem Flash File dan ROM.

Baca Juga :
Cara Instal Custom ROM di VIVO V15
Cara Instal Custom ROM di VIVO V15






Spesifikasi VIVO V15

Vivo V15 merupakan perangkat terbaru yang diluncurkan oleh pihak Vivo beberapa waktu yang lalu, yang dibekali dengan fitur hebat. Beberapa hal yang menjadi spesifikasi utama dari Vivo V15 ini yakni, ponsel ini dilengkapi dengan layar LCD IPS berukuran 6,53 Inch yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, selain itu pula Vivo V15 ditenagai oleh Chipset Mediatek Helio P70 yang merupakan CPU Octa Core. 

Ponsel Vivo V15 memiliki RAM sebesar 6 GB dan Memori Internal sebesar 128 GB. Sistem operasinya berjalan di Android 9.0 Pie. Vivo V15 ini memiliki tiga kamera depan masing-masing 24 MP, 8 MP, dan 5 MP. Lalu di dalamnya terdapat baterai berdaya kapasitas 4000 mAh yang posisinya tidak dapat dilepaskan (non removable battery). 

Apa Itu Custom ROM?

Custom ROM merupakan ROM versi modifikasi yang menghadirkan banyak fitur keren dan yang mana kustomisasinya tidak dimiliki oleh ROM asli. Anda bisa menginstal Custom ROM dengan bantuan TWRP Recovery. Anda dapat mengunduh Custom ROM khusus untuk Vivo V15 melalui Google dengan cara cukup mengetikkan Nomor Model Perangkat anda ditambah dengan ROM Khusus ROM Berbeda yang memberikan rasa dan fitur yang berbeda pula. Jadi, pilih sesuai selera anda. 

Untuk menemukan Custom ROM yang cocok untuk Vivo V15, saya bisa merekomendasikan situs web pengembang seperti XDA Developer, yang mana saat ini menjadi tempat paling terpercaya untuk mengunduh ROM perangkat manapun. ROM apapun yang anda download dapat berfungsi selama anda cari secara spesifik sesuai model perangkat Vivo V15 anda.

Keuntungan Instal Custom ROM

1. Anda dapat menghapus Bloatware

2. Mampu meningkatkan sistem operasi android anda menjadi terbaru.

3. Tampilan antarmuka yang di desain khusus sehingga anda bisa mendapatkan banyak penyesuaian.

Kerugian Instal Custom ROM

1. Garansi ponsel anda akan hilang.

2. Bila anda tidak melalui proses instalasi dengan baik, maka ponsel anda bisa berakibat bootloop.

3. Anda tidak akan mendapatkan pembaruan OTA secara otomatis, dan mengharuskan anda harus memperbarui ponsel anda secara manual.






Persiapan Sebelum Instal Custom ROM

1. Instal TWRP Recovery di Ponsel Vivo V15 anda terlebih dahulu.

2. Lakukan pengecasan terhadap baterai smartphone VIVO V15 anda hingga penuh.

3. Sebelum menginstal Custom ROM pada Vivo V15, maka ponsel anda wajib di root dan unlock bootloader terlebih dahulu.

4. Pastikan anda telah memindahkan seluruh file ROM anda ke Memori Internal.

5. Panduan ini hanya dikhususkan untuk Vivo V15 saja, dan jangan pernah mencoba menggunakan cara ini untuk perangkat Vivo lain. Karena hal tersebut dapat berakibat mati total, oleh karena itu lakukan langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini dengan penuh hati-hati.

Instal Custom ROM di VIVO V15 Via TWRP Recovery

1. Langkah pertama, aktifkan USB Debugging pada Vivo V15.

2. Selanjutnya, anda buka Menu Pengaturan (Settings), pilih tentang ponsel (About Phone), lalu ketuk pada Build Number sebanyak 6-7 kali. Kemudian, anda kembali ke Menu Pengaturan awal, pilih opsi pengembang (Developer Option) dan aktifkan UBS Debugging.

3. Sekarang Download Custom ROM untuk VIVO V15 di Google

4. Pindahkan File Custom ROM ke dalam Memori Internal Ponsel Vivo V15 anda. Setelah itu anda matikan ponsel anda dengan menekan Power Off, dan boot ke dalam TWRP Recovery. Untuk boot ke dalam TWRP Recovery, anda cukup menekan tombol Volume Down dan Power selama beberapa saat hingga anda melihat animasi boot vivo pada layar.

5. Back up seluruh data ROM yang dimiliki oleh Ponsel Vivo V15. Untuk melakukan backup ini, silahkan ketuk Cadangan, tetap pada Pengaturan Default dan pilih jenis penyimpanan anda (dalam hal ini memori internal), setelah itu pilih opsi Swipe to Backup. 

6. Bila proses backup telah selesai, dan biarkan Proses Flashing berlangsung. Setelah selesai maka anda bisa melanjutkan ke tahap dibawah ini.

7. Masuk ke dalam Menu Utama, klik pada opsi Wipe & Swipe to Factory Reset. Lalu kembali lagi, dan pilih lagi Tap On Wipe, Advanced Wipe dan terakhir Cek pada System. Berikutnya Swipe to Wipe. Setelah itu, anda klik pada Tombol Home, klik lagi pada tombol Instal, dan pilih lokasi ROM untuk ditempatkan, dan terakhir pilih opsi Swipe to Confirm Flash.

8. Akhirnya, anda pun berhasil Instal Custom ROM VIVO V15

Saat Booting pertama kali setelah Flashing ROM baru, maka hal tersebut membutuhkan lebih lama. Namun biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 Menit. Jika ternyata waktu yang dibutuhkan lebih banyak maka biarkan saja jangan ditunda hingga selesai hingga masuk ke booting.

Baca Juga :






Sekian Penjelasan Mengenai Cara Instal Custom ROM di VIVO V15. Semoga Bermanfaat!