Cara Mengatasi VIVO Y55 Bootloop

Vivotutorial.com-Bootloop merupakan masalah yang kerapkali muncul di perangkat lunak smartphone android vivo y55 yang ditandai dengan munculnya logo vivo secara berulang-ulang dan dalam waktu lama. Bootloop sendiri terbagi menjadi dua, ada yang namanya bootloop ringan (light bootloop) dan bootloop berat (hard bootloop). Bootloop ringan pada vivo y55 sifatnya hanya sementara saja, timbul sesekali namun setelah itu hilang, sedangkan Bootloop Berat pada vivo y55 ditandai dengan gagalnya masuk ke sistem secara berulang dan permanen.

Baca Juga :



Cara Mengatasi VIVO Y55 Bootloop

Mengatasi VIVO Y55 Bootloop

Restart VIVO Y55

Cara Restart VIVO Y55 

Untuk mengatasi vivo y55 bootloop (ringan) anda bisa melakukan hal-hal sederhana sebagai berikut. Pertama, anda matikan Smartphone VIVO Y55 anda, lalu anda Cabut memori eksternal, Kartu SIM, dan Baterai anda. Kemudian anda diamkan beberapa saat, setelah itu anda pasang kembali dan hidupkan lagi Smartphone VIVO Y55 anda. Lalu coba anda perhatikan, bila ternyata masalah bootloop pada VIVO Y55 masih terjadi, anda bisa lakukan Hard Reset pada Vivo Y55 sebagai alternatif lain untuk mengatasi Bootloop yang tergolong berat ini.

Hard Reset VIVO Y55

Cara Hard Reset VIVO Y55

Hard reset disini sama halnya dengan mengembalikan vivo y55 anda ke pengaturan pabrik (factory reset), anda perlu masuk ke Mode Recovery karena sudah pasti Ponsel VIVO Y55 anda gagal booting. Untuk masuk ke dalam Mode Recovery ini cukup mudah. Anda hanya menekan tombol Home, Volume Up, dan Power secara bersamaan. Setelah berhasil, anda akan dihadapkan pilihan Reboot System Now, Instal Zip form Sd Card, Wipe Data/Factory Reset, dll. Silahkan anda pilih Wipe Data/Factory Reset, tekan tombol Power untuk menggerakan kursor ke bawah.
Kemudian anda arahkan kursor lagi ke arah opsi Yes, Delete All User Data dan tekan tombol Power. Berikutnya, Perangkat VIVO Y55 anda akan meminta restart dengan memilih opsi Reboot System Now dengan mengarahkan kursor ke opsi tersebut. Bila ternyata cara ini pun belum bisa mengatasi permasalahan ini, anda bisa mencoba lakukan Flash pada VIVO Y55.

Flash VIVO Y55 Bootloop 

Sebelum memulai Flash VIVO Y55 persiapkan terlebih dahulu download bahan-bahannya sebagai berikut ;

  1. All USB Driver, Download disini
  2. SP Flashtool, Download disini
  3. Firmware VIVO Y55, Download disini






Cara Flash VIVO Y55 Bootloop Menggunakan PC


  1. Setelah anda download ketiga bahan-bahan diatas, hal pertama kali yang perlu anda lakukan ialah dengan menginstal All USB Driver. Setelah itu, ekstrak file Firmware VIVO Y55 yang telah di download sebelumnya.
  2. Setelah anda ekstrak, matikan Ponsel VIVO Y55 anda dengan menekan tombol Power OFF.
  3. Ekstrak lagi File SP Flashtool yang juga telah anda download sebelumnya, dan buka file aplikasi tersebut.
  4. Klik pada Menu Download yang ada di Halaman Aplikasi SP Flashtool yang telah anda buka.
  5. Dilanjutkan anda klik Scatter Loading yang berada di dalam Menu SP Flashtool tepatnya dibawah Download Agent.
  6. Nantinya anda akan browser file dan cari MT6580_Android_Scatter.txt yang ada di dalam folder Firmware yang telah anda ekstrak.
  7. Selanjutnya, silahkan anda klik tombol Download pada Halaman Aplikasi SP Flashtool yang berbentuk panah berwarna hijau.
  8. Lalu anda hubungkan Ponsel VIVO Y55 anda ke Komputer melalui Kabel USB Originalnya, berikutnya Tekan Tombol Volume Down atau Volume Up dan secara otomatis Komputer/PC anda akan mendeteksi Perangkat VIVO Y55 anda. 
  9. Tunggu saja beberapa menit. hingga anda melihat tanda Checklist Hijau yang menandakan prosesnya telah selesai.
  10. Silahkan anda cabut Perangkat VIVO Y55 anda dari Komputer/PC yang terhubung menggunakan Kabel USB tadi dan Flash VIVO Y55 pun selesai!
Baca Juga :



Sekian Cara Mengatasi VIVO Y55 Bootloop. Semoga Bermanfaat!